cursor

Selasa, 11 November 2014

Top 10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

   Mungkin anda tidak asing lagi dengan istilah Air Terjun. Ya air Terjun itu sendiri digambarkan sebagai sumber mata air yang mengalir yang berada di hulu kemudian jatuh atau terjun bebas ke dalam hilir. Jarak antara hulu dan hilir pun mempunyai jarak yang cukup jauh, hal tersebutlah baru bisa di katakan sebagai air terjun. Air Terjun di dunia ini mempunyai berbagai ketinggian yang menakjubkan, bahkan ada salah satu Air Terjun di dunia ini yang mempunyai ketinggian hingga mencapai 900 meter lebih. Seperti contoh di bawah ini, di bawah ini adalah daftar 10 Air Terjun Tertinggi di Dunia. Rata-rata Air Terjun yang masuk kedalam daftar di bawah ini memiliki ketinggian air terjun hingga 900 meter lebih. Untuk lebih jelas, Air Terjun mana saja yang berhasil masuk kedalam daftar Air Terjun tertinggi di dunia ini, simaklah informasinya di bawah ini.


  • 1. Air Terjun Angel – Venezuela
    Air terjun tertinggi di peringkat pertama dipegang oleh Angel Falls. Air terjun ini terletak di kawasan Taman Nasional Canaima Venezuela. Karepakupai Vena adalah nama yang sebutan terkenal penduduk sekitar untuk air terjun ini. Tinggi Air Terjun Angel Falls ini dapat mencapai 1 km atau lebih tepatnya 979 meter. Pada musim penghujan debit alir ait terjun Angel Falls ini melimpah ruah, namun ketika tiba musim kemarau debit alir air terjun Angel Falls ini sangatlah sedikit, dan tidak jarang ada beberapa air yang menguap sebelum sampai di dasar tanah. 
  • 2. Air Terjun Tugela – Afrika Selatan
    Tugela Falls sebuah air terjun yang berada di Provinsi Kwazulu-Natal Afrika Selatan berhasil masuk dominasi diperingkat kedua sebagai Air Terjun tertinggi di dunia. Hal unik dari Tugela Falls ini adalah dimana air terjun ini memiliki 5 turunan air terjun yang berbeda-beda, Untuk ketinggian total Air Terjun ini dapat mencapai 948 meter. Pada musim penghujan, Tugela Falls ini mengeluarkan debit alir air yang sangat banyak. 
  • 3. Las Cataratas Tres Hermanas – Peru
    Air Terjun tertinggi di dunia selanjutnya adalah Las Cataratas Tres Hermanas. Air Terjun tinggi ini berada di Peru tepatnya di daerah dataran tinggi Andean wilayah Ayacucho. Las Cataratas Tres Hermanas dalam bahasa Peru mempunyai arti sebagai “Air Terjun Tiga Saudara Perempuan”. Ketinggian Air Terjun Las Cataratas Tres Hermanas dapat mencapai 914 meter. 
  • 4. Air Terjun Olo'upena – Hawaii
    Ternyata Hawaii tidak hanya terkenal akan keindahan pantai-pantai khas kepulauan tropis, namn hawaii juga mempunyai sebuah destinasi tempat wisata terkenal, Olo'upena Falls begitulah nama tempat wisata air terjun yang sangat terkenal di hawaii tersebut. Air Terrjun Olo'upena ini mempunyai total ketinggian yang dapat mencapai 900 meter. Hal yang menarik dari air terjun Olo'upena ini adalah dimana debit alir air jatuh tepat ke laut lepas. 
  • 5. Air Terjun Yumbilla – Peru
    Air terjun tertinggi selanjutnya adaah Air Terjun Yumbilla. Air terju n yang mempunyai ketinggian total hingga mencapai 896 meter ini terletak di Amazonas Peru. Meski Air Terjun Yumbilla ini masuk kedalam daftar Air Terjun tertinggi dunia, namun nama Yumbilla Falls ini baru terkenal di publik sejak tahun 2007 lalu. Sayangnya ketinggian yang di punyai Yumbilla Fals ini tidak diimbangi dengan debit alir air yang cenderung sangat sedikit. 
  • 6. Vinnufossen – Norwegia
    Vinnufossen sebuah air terjun yang berada di Norwegia. Air terjun tertinggi di dunia ini mempunyai total ketinggian hingga mencapai 860 meter. Vinnufossen juga pernah di nobatkan sebagai Air Terjun tertinggi di Eropa. Debit alir air yang turun dari Vinnufossen Falls ini berasal dari gletser Vinnufossen, setelah debit alir sampai kedasar air terjun, air bergabung dengan air sungai Driva ynag menuju wilayah Hoesland di Norwegia 
  • 7. Balaifossen – Norwegia
    selain Vinnufossen, di Norwegia juga ada salah satu air terjun yang juga memiliki ketinggian yang luar biasa tinggi. Balaifossen Falls begitulah nama air terjun tertinggi kedua di Norwegia. Jika di bandingkan dengan air terjun pertama di Norwegia, Balaifossen Falls hanya memiliki selisih 10 meter lebih pendek dengan air Terjun Vinnufossen. Jika di lihat dari ketinggian, Balaifossen Falls terlihat seperti garis putih melintang yang tampak membelah kawasan hijau di Norwegia. 
  • 8. Air Terjun Pu'Uka'Oku – Hawaii
    tepatnya di pulau Molokai Hawaii ada sebuah air terjun yang memiliki ketinggian yang luar biasa tinggi, Pu'Uka'Oku Falls itulah nama salah satu air terjun yang berada d Hawaii. Ketinggian Pu'Uka'Oku Falls ini dapat mencapai 840 meter, sama dengan air terjun sebelumnya dimana debit alir air yang jatuh pada Pu'Uka'Oku Falls ini langsung menuju ke laut lepas di perairan hawaii. 
  • 9. Air Terjun James Bruce – Kanada
    di Kanada ada sebuah air terjun yang sudah sangat terkenal di Dunia. Ya Niagara Falls, namun di kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang air terjun Niagara, karena ada sebuah air terjun yang berada di kanada juga namun memiliki ketinggian melebihi Air Terjun Niagara Falls. Air Terjun yang dimaksud adalah Air Terjnu James Bruce. Air terjun ini tepatnya berlokasi di Taman Provinsi Princess Louisa Marine British Columbia Kanada. Ketinggian Air Terjun ini dapat mencapai 840 meter. 
  • 10. Air Terjun Browne – Selandia Baru
    Air Terjun tertinggi selanjutnya berada di Selandia Baru. Browne Falls adalah salah satu Air Terjun yang memiliki panorama pemandangan yang indah di dunia. Browne Falls menjulang tinggi hingga mencapai ketinggian 836 meter. Browne Falls ini tepatnya berada di Taman Nasional Fiordland Selandia Baru. Browne Falls juga terkenal dengan habitatnya berbagai jenis burung dan tanaman. 

  • Demikianlah 10 Air Terjun Tertinggi di Dunia. Jika anda penasaran dengan titik-titik spot Air Terjun diatas mungkin anda dapat mengunjunginya di waktu liburan nanti. Semoga Bermanfaat.

    0 komentar:

    Posting Komentar