cursor

Rabu, 18 Maret 2015

7 LOKASI UJI COBA SENJATA NUKLIR YANG PALING BERBAHAYA7 LOKASI UJI COBA SENJATA NUKLIR YANG PALING BERBAHAYA

7 LOKASI UJI COBA SENJATA NUKLIR YANG PALING BERBAHAYA

1. Bikini Atoll, Amerika Serikat

Tempat yang satu ini menjadi tempat paling terkenal sepanjang masa sebagai tempat uji nuklir. Sebelum uji coba pertama, penduduk asli pulau dipindahkan ke pulau lain terlebih dahulu. 1 Juli 1946, peledakan pertama dari perangkat nuklir dilakukan. Selanjutnya tes kedua dilakukan sebulan kemudian.
Puluhan tes nuklir dilakukan di tempat ini. Ikan-ikan di tempat ini tak boleh dikonsumsi karena tercemar radiasi. Kini tempat ini lebih terkenal sebagai tempat penyelaman dan masuk situs Warisan Dunia versi UNESCO.
2. Kirimati, Republik Kiribati

Salah satu tempat paling terpencil di muka bumi ini menjadi tempat uji coba senjata nuklir bagi dua negara. Di pulau yang dikenal pula sebagai Pulau Christmas ini Inggris dan Amerika pernah melakukan uji coba.
Inggris lebih dulu menguji bom hidrogennya pada tahun 1957, sedangkan Amerika baru melakukan uji coba senjata nuklir ini pada tahun 1962. Pulau ini awalnya dihuni lalu ditinggalkan karena diketahui penghuninya terkena radiasi.
3. Lop Nur, Mongolia

Tempat yang satu ini terlarang bagi turis dan bahkan penduduk setempat. Cina menguji perangkat nuklir mereka di daerah ini pada tahun 1964. Tes pertama menghasilkan laedakan sebesar 22 kiloton. Uji coba terakhir dilakukan pada tahun 1996. Cina tak pernah merilis rincian efek pada penduduk lokal dan lingkungan.
4. Muruora, Polinesia

Pulau karang Muruora merupakan tempat pengujian nuklir paling kontroversial. Keputusan Prancis untuk menguji senjata nuklirnya di tempat ini menimbulkan gesekan dengan negara-negara lain. Prancis melakukan 41 uji coba di atmosfer dan 147 tes di bawah tanah di tempat ini. Karena terus dikritik, Prancis akhirnya berhenti melakukan uji coba pada tahun 1996.
5. Novaya Zemlya, Rusia

Sebelum digunakan sebagai tempat uji coba nuklir, penduduk asli pulau ini dipindahkan dan tidak diizinkan kembali. Uni Soviet menggunakan pulau es di Kutub Utara ini sebagai tempat uji coba nuklir pada tahun 1954. 224 ledakan nuklir dilakukan di tempat ini.
Ledakan terbesar berukuran lebih dari 100 megaton. Tes terakhir dilakukan pada tahun 1990 sebelum Uni Soviet akhirnya runtuh.
6. Semipalatinsk, Kazakhstan

Tempat ini menjadi tempat favorit Uni Soviet dalam melakukan uji coba senjata nuklir. Soviet melakukan 465 ledakan nuklir di sini antara tahun 1949 sampai 1981. Awalnya dibangun di era Stalin dengan tenaga kerja budak dari gulag, di sinilah senjata nuklir Soviet pertama kali diledakkan pada tahun 1949. Akibatnya Soviet mengirim sebagian besar infrastruktur mereka ke bawah tanah untuk menyembunyikannya dari mata-mata di langit. Setelah runtuhnya Uni Soviet, situs itu diserahkan kepada Kazakhstan. Ada hal yang aneh dan unik mengenai situs uji nuklir ini yang dapat anda baca disini
7. Nevada, Amerika Serikat

Nevada merupakan tempat paling sering dibom nuklir di planet ini. 928 uji coba nuklir dilakukan di Nevada antara tahun 1951 dan 1992. Sedangkan lebih dari 800 uji coba dilakukan di bawah tanah. Akibatnya, di daerah ini banyak terdapat bekas kawah. Telah diungkap bahwa tingkat kanker di daerah sekitar lokasi tes hampir dua kali lipat dari penduduk AS rata-rata.

FAKTA-FAKTA TERSELUBUNG TENTANG TUBUH MANUSIA


Sperma
Seorang pria dapat menghasilkan sperma baru sekitar 10 juta setiap harinya. Jumlah tersebut cukup untuk mengisi penuh planet bumi selama 6 bulan. Karenanya, jika kelahiran tidak dikontrol, bumi ini pasti sudah penuh.
Air Liur
Mungkin ini akan mengejutkan Anda. Tahukah kalau seseorang menghasilkan air liur yang cukup untuk mengisi dua kolam renang?
Mata
Tahukah sebenarnya sebagian besar bayi dilahirkan dengan mata berwarna biru. Paparan sinar ultraviolet serta zat melanin yang diturunkan oleh orang tualah yang membuat warna mata tersebut berubah.
Hidung
Mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Sebenarnya setiap orang mempunyai bau yang unik. Tak ada satu orang pun yang mempunyai bau badan yang sama. Kecuali pada kembar identik.
Otak
Otak manusia tak bisa merasakan sakit. Karenanya dokter bisa membuka tengkorak pasien untuk melihat otak saat pasien tersadar. Otak juga selalu bekerja. Rata-rata manusia berpikir dalam sehari adalah 70.000 kali dan sebenarnya otak justru lebih aktif saat kita tidur.
Yang mengejutkan, meski otak bagian kecil dari tubuh kita, otaklah yang paling banyak mengkonsumsi oksigen yang kita hirup serta kalori yang kita makan yakni sekitar 20 persen. Bahkan otak mampu menghasilkan tenaga sekitar 25 watt.
Tulang
Tulang manusia sebenarnya sangat kuat. Sepotong tulang seukuran korek api dapat menopang 9 ton kali lebih berat dibanding berat tulang itu sendiri. Tulang manusia juga menghilang seiring pertumbuhan. Saat lahir, seorang manusia mempunyai 300 tulang. Namun saat ia dewasa, jumlah tulang tersebut hanya tinggal 206 tulang dikarenakan beberapa tulang bergabung menjadi satu.
Kulit
Kulit selalu memperbaharui diri. Setiap menit 50,000 sel kulit rontok sepanjang hari. Seumur hidup itu setara dengan 18.1 kg kulit. Dan jika Anda mencoba untuk menguliti seseorang hidup-hidup, Anda akan mendapat lembaran kulit selebar 20 meter persegi.
Perut
Tahukah Anda, enzim pencernaan yang dihasilkan di dalam perut Anda cukup kuat untuk melarutkan seng. Lalu kenapa perut kita tidak hancur? Jawabannya adalah sel-sel perut diperbaharui lebih cepat dibanding saat asam menghancurkan mereka. Menakjubkan!
Sel Telur
Nah, fakta yang satu ini pasti lebih mengejutkan lagi. Ternyata ovarium seorang wanita dapat menghasilkan lebih dari setengah juta telur. Namun hanya sekitar empat ratus dari sel telur tersebut yang mendapatkan kesempatan untuk dapat menciptakan kehidupan setelah dibuahi.
Otot
Sesungguhnya otot yang paling kuat mungkin otot mata. Sebab otot mata melakukan pekerjaan lebih dari apa yang pernah Anda pikirkan sebelumnya. Tubuh Anda mengkonstraksikan otot-otot mata untuk fokus sekitar 100.000 kali dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Yang demikian setara dengan Anda berjalan 80 km setiap harinya.
Paru-paru
Paru-paru manusia memiliki lebih dari 300 juta alveoli yang apabila dijulurkan maka panjangnya mencapai 2.413 km.
Kaki
Kaki manusia ternyata memiliki sekitar setengah juta kelenjar keringat yang dapat menghasilkan sampai setengah liter setiap harinya. Bau yang dihasilkan apabila keringat sebanyak itu tercemar oleh bakteri sudah sama dengan bau busuk keju basi.
Tulang Rawan
Saat Anda pergi tidur di malam hari, sesungguhnya tinggi badan Anda berkurang sekitar 1 cm dibanding saat Anda bangun di pagi hari. Hal ini dikarenakan tulang rawan Anda dikompresi sepanjang hari.
Jantung
Jantung adalah bagian tubuh yang selalu bekerja keras sepanjang hari. Setiap hari jantung menciptakan energi yang bisa menggerakkan sebuah kereta sepanjang 30 km. Sepanjang hidup itu sama dengan jarak dari bumi ke bulan, pergi-pulang.

10 TRADISI TAHUN BARU TERUNIK DI DUNIA

1. Jepang
Tradisi tahun baru terunik didunia
Di Jepang, setiap malam Tahun Baru sejak 1951, sebuah pertunjukan musik di televisi yang populer disiarkan di Jepang. Siaran musik ini bernama “Kohaku Uta Gassen”, dimana dua tim selebriti akan saling melawan dalam kompetisi menyanyi. Siaran ini tidak pernah dilewatkan untuk ditonton oleh keluarga-keluarga di Jepang.
2. Denmark
Tradisi tahun baru terunik didunia
Warga Denmark mempunyai cara unik untuk merayakan tradisi tahun baru terunik didunia. Saat tengah malam, mereka akan berdiri di atas kursi kemudian tepat saat pergantian tahun mereka akan melompat dari atas kursi tersebut. Lompatan ini memiliki arti untuk memusnahkan roh-roh jahat dan membawa keberuntungan di tahun yang baru.
3. Finlandia
Tradisi tahun baru terunik didunia
Penduduk Finlandia setiap tahun sebelum pergantian tahun biasa memprediksi tahun yang akan datang dengan melelehkan sebuah lempengan timah dalam sebuah baskom air. Bentuk timah ini akan menunjukkan apa yang akan terjadi di tahun depan; bentuk hati atau cincin berarti perkawinan, bentuk kapal berarti perjalanan dan bentuk babi berarti akan banyak rezeki berupa makanan.
4. Spanyol
Tradisi tahun baru terunik didunia
Saat tengah malam pergantian tahun, warga Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur dengan cepat, dalam hitungan setiap detik. Setiap buah anggur ini melambangkan keberuntungan dalam 12 bulan di tahun yang baru.
Di Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya, para penduduk berkumpul di pusat kota saat detik-detik pergantian tahun sambil memakan anggur bersamaan dan bergantian meminum minuman anggur dari botol.
5. Belarus

Saat Tahun Baru di Belarus juga memiliki tradisi tahun baru terunik didunia yang dinamakan perayaan Kaliady, perayaan dimana wanita-wanita yang belum menikah memainkan sebuah permainan untuk memprediksi siapa yang akan menikah di tahun yang baru. Dalam permainan ini, setumpuk jagung akan diletakkan di sebelah setiap wanita, kemudian akan dilepaskan seekor ayam jantan.
Tumpukan jagung yang pertama dimakan oleh ayam jantan tersebut menunjukkan wanita mana yang akan menikah lebih dahulu di tahun tersebut. Selain permainan, ada pula permainan lain, dimana wanita-wanita yang telah menikah menyembunyikan beberapa barang di rumahnya agar ditemukan oleh teman-temannya yang belum menikah. Wanita yang menemukan roti diramalkan mendapat suami kaya, sedangkan yang menemukan cincin akan mendapatkan suami tampan.
6. Filipina
Tradisi tahun baru terunik didunia
Di Filipina, saat Tahun Baru setiap rumah pasti menyediakan buah-buahan yang berbentuk bulat di mejanya untuk makan malam. Bentuk bulat ini merupakan representasi kesejahteraan yang diharapkan datang di tahun yang baru.
Seperti Spanyol, mereka juga memakan 12 buah anggur saat pergantian tahun. Bentuk bulat ini juga terlihat dalam pakaian mereka, beberapa penduduk Filipina kerap mengenakan pakaian dengan motif polkadot saat malam tahun baru.
7. Panama
Tradisi tahun baru terunik didunia
Di Panama, saat tahun baru dirayakan sebuah tradisi unik yaitu membakar patung orang terkenal yang disebut munecos. Patung ini dapat berbentuk siapapun, mulai dari tokoh fiksi, hingga figur politik seperti Fidel Castro. Patung menyimbolkan tahun yang telah lalu dan membakarnya berarti melenyapkan roh jahat untuk menyambut tahun baru dengan bersih.
8. Amerika Tengah dan Selatan
Tradisi tahun baru terunik didunia
Di Brazil, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela, tahun baru ditandai dengan mengenakan pakaian dalam baru yang berwarna cerah. Karena itulah beberapa hari sebelum Tahun Baru, pasar-pasar diramaikan dengan penawaran pakaian dalam berwarna-warni. Warna paling populer adalah merah dan kuning; merah melambangkan cinta dan kuning melambangkan uang atau kekayaan.
9. Skotlandia
Tradisi tahun baru terunik didunia
Tradisi tahun baru di Skotlandia adalah “pijakan pertama”, yaitu sebuah tradisi turun-temurun yang menyatakan bahwa siapapun yang melewati ambang pintu rumahnya pertama kali harus memberikan sebuah hadiah (biasanya whisky) untuk keberuntungan. Penduduk Skotlandia juga mengadakan upacara api unggun, biasanya di sebuah desa nelayan kecil di Stonehaven dimana para penduduk berparade sambil mengayunkan bola api besar yang dipercaya sebagai simbol matahari untuk mensucikan tahun yang baru.
10. Estonia

Para lelaki di Estonia merayakan tahun baru dengan makan sebanyak tujuh kali di hari pertama tahun baru. Makna dari makan sebanyak tujuh kali ini adalah, pria tersebut akan mendapatkan kekuatan sebesar tujuh lelaki selama tahun tersebut.

MISTERI RATU INGGRIS ELIZABETH I


Hari baik itu diramalkan jatuh pada 15 Januari 1559. Adalah astrolog, astronom, sekaligus matematikawan John Dee yang menentukan kapan penobatan Ratu Inggris Elizabeth I harus dilakukan. Demi mimpi mewujudkan kerajaan yang gilang gemilang.
Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Tepat pukul 12.00 siang, Elizabeth I dimahkotai dalam upacara yang megah, ruangan dihiasi permadani dinding mahal warisan kerajaan, piring yang terbuat dari emas ditata di atas meja untuk wadah hidangan. Owen Oglethorpe, Uskup Carlisle memimpin prosesi yang dilangsungkan di Westminster Abbey itu.
Elizabeth menjadi ratu pada usia 25 tahun. Ia mewarisi takhta dari saudari tirinya Mary I yang mangkat pada 17 November 1558. Ia adalah keturunan Henry VIII yang ketiga yang menjadi penguasa Inggris.
Tiga hari sebelumnya, dalam rangka menyiapkan penobatannya, Elizabeth pergi ke Tower of London, tempatnya pernah ditahan oleh saudari tirinya Ratu Mary I — yang merasa ia bisa mengancam tahktanya, sekaligus lokasi di mana ibunya, Anne Boleyn dipenggal atas tuduhan perselingkuhan — yang konon dibuat-buat oleh ayahnya, Raja Henry VIII agar dapat menikahi Jane Seymour.
Sejak awal kekuasannya, Elizabeth diharapkan segera menikah dan membuahkan anak. Namun, ia melajang hingga akhir hayat.
Ada beberapa alasan yang membuatnya memilih selibat. Sejumlah teori menyebut, cara ayahnya memperlakukan istri-istrinya membuat Elizabeth trauma untuk menikah.
Versi lain menyebut, ia tak pernah bisa menikah dengan pria yang benar-benar ia cintai. Lelaki itu, Robert Dudley, sudah menikah lebih dulu. Dan meski istrinya, Mary telah meninggal, ia tak mungkin bersatu dengan sang ratu. Pernikahan mereka bakal memicu skandal besar.
Belakangan, muncul teori ketiga yang ‘gawat’. Elizabeth I disebut-sebut sejatinya adalah seorang pria. Dugaan itu diangkat dalam sebuah buku berjudul “The King’s Deception” karya penulis Amerika Serikat, Steve Berry.
Dalam buku itu disebut, Elizabeth yang asli meninggal dunia saat kecil, di sebuah kawasan pedesaan tempatnya melarikan diri dari wabah yang merebak di ibukota: Desa Cotswold, Bisley, Gloucestershire. Tepat pada malam sebelum Henry VIII menengok putri kesayangannya itu.
Panik tak terelakkan, pengasuh Elizabeth, Lady Kat Ashley punya alasan untuk takut mengatakan pada raja, tentang berita duka cita ini. Bisa-bisa nyawa mereka melayang disiksa dengan bengis. Apalagi, empat anak Henry VIII meninggal saat kecil. Satu lainnya adalah Edward yang sakit-sakitan di usianya yang kelima, dan seorang perempuan muda berusia 20 tahun yang belum menikah dan merana karena patah hati.
Pengasuh itu lantas mengubah bocah laki-laki canggung bernama Neville untuk menyaru sebagai sang putri.
Setelah memakamkam Elizabeth di peti batu di bawah tanah istana, pengasuh dan pengawal yang bersekutu itu mulai mengajarkan Neville bagaimana untuk jadi putri sesungguhnya.
“Tak ada yang curiga. Mengira perubahan fisiknya adalah akibat pertumbuhan dari gadis cilik menjadi gadis remaja,” demikian dimuat Daily Mail 8 Juni 2013. Termasuk, Elizabeth yang dulunya pemalu jadi berani dan angkuh.
Kisah tentang anak lelaki dari Bisley dan temuan makam tersembunyi gadis yang dikebumikan dengan segela kemewahan ala bangsawan tinggi pernah diangkat dalam sebuah buku karya pengarang “Dracula” Bram Stoker — “Imposter”.
Versi mana yang benar, belum bisa dipastikan. Ratu berjuluk “The Virgin Queen” itu membawa rahasia hidupnya hingga ke liang kubur. Ia meninggal pada 24 Maret 1603 di Richmond Palace.
Ia digantikan James I atau James VI of Scotland, putra Mary, Ratu Skotlandia. Dinasti Tudor pun berakhir, digantikan Stuarts.

15 TIPS TIDUR UNTUK PARA PENDERITA INSOMNIA


1. Hindari Cahaya Saat Tidur
Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.
Tips: Matikan TV, komputer, atau peralatan sumber cahaya lainnya satu jam sebelum tidur. Tutupi dengan kain gelap semua peralatan sumber cahaya yang tidak bisa dimatikan.
2. Hindari Untuk Terus Melihat Ke Arah Jam Anda
Bila Anda terus-terusan melirik ke arah jam saat larut malam, tidur Anda akan tersiksa. Anda akan terus menerus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk Anda yang lain dimulai. Jika Anda salah satu dari orang tersebut, maka Anda harus menempatkan jam di dalam laci, bawah tempat tidur, atau putar ke arah yang bertentangan dengan jarak pandang Anda.
3. Gunakan Tempat Tidur Hanya Untuk Tidur & Seks
Para ahli mengatakan bahwa sebenarnya tempat tidur hanya boleh dipakai untuk kegiatan tidur ataupun seks. Jangan ada kegiatan mengecek buku saldo, berbicara di telepon, atau menonton TV. Segala sesuatu yang dilakukan di kamar tidur hanyalah istirahat dan rileks.
Tips: Atur suhu untuk mempernyaman tidur Anda, yaitu antara 68-72 derajat.
4. Hindari Kafein 9 Jam Sebelum Tidur
Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.
Tips: pain killers dan juga pil penurun badan juga mengandung kafein, jadi Anda juga harus menghindarinya.
5. Atur Jadwal Tidur
Aturlah agar jadwal pergi dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.
Tips: Dapatkan cahaya yang terang selama 5 sampai 30 menit segera mungkin setelah Anda bangun tidur. Cahaya adalah regulator terkuat untuk membangunkan Anda dari tidur.
6. Olahraga Teratur
Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energo yang Anda dapatkan setelah olahraga dapat membuat Anda tetap terjaga. Beri jarak antara Anda selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam.
Tips: olahraga atau latihan ringan seperti yoga, tai chi, dan latihan-latihan serupa boleh dilakukan sebelum tidur.
7. Menetralisir Suara
Tetesan keran, anjing menggonggong, suara kendaraan akan menghilangkan sebagian besar waktu tidur Anda.
Tips: Lawanlah suara tersebut dengan suara yang lebih teratur dan tenang, seperti suara fan, AC, atau suara menenangkan lainnya. Anda juga bisa menggunakan sumbat telinga (ear plugs) untuk mengatasinya.
8. Jangan Merokok
Nikotin juga merupakan sebuah stimulan, sama halnya dengan kafein. Nikotin akan membuat Anda semakin terjaga dan dapat memperburuk insomnia.
Tips: Untuk mempermudah rencana berhenti merokok Anda, Anda akan tidur sedikit lebih baik jika Anda merokok lebih sedikit dari biasanya dan telah berhenti melakukannya selama paling tidak empat jam sebelum Anda pergi tidur.
strong>9. Jauhkan Binatang Peliharaan Anda dari Tempat Tidur
Gerakan anjing dan kucing peliharaan Anda akan mencegah Anda mendapat tidur nyenyak seperti yang diinginkan. Mereka juga dapat membawa kutu, debu, bulu, dan pemicu alergi lainnya ke tempat tidur Anda.
Tips: Konsultasikan kepada dokter hewan ataupun kepada pelatih binatang, bagaimana cara membuat peliharaan Anda tetap senang dan mau tidur di tempatnya sendiri.
10. Relaksasikan Pikiran Anda Sebelum Tidur
Redakan emosi dan juga pikiran Anda sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran Anda.
Tips: Ritual ini juga dapat dilakukan 10 menit sebelum tidur ketika waktu tidur Anda semakin sempit.
11. Gunakan Bantal Untuk Meringankan Nyeri Punggung
Nyeri punggung ringan mungkin tidak akan membangunkan tidur, tetapi akan sangat mengganggu tidur nyenyak Anda. Solusi yang mudah adalah dengan meletakkan sebuah bantal kecil di antara kedua kaki Anda saat tidur menyamping, gunanya untuk menyejajarkan pinggul dan mengurangi nyeri di bagian punggung.
Tips: Saat tidur telentang, letakkan bantal kecil di bawah kedua lutut Anda untuk mengurangi nyeri punggung saat malam hari.
12. Tempatkan Leher di Posisi yang Netral
Jika Anda bangun tidur dengan leher kaku, salahkan bantal Anda. Terkadang Anda menggunakan bantal yang terlalu tebal atau yang terlalu tipis. Bantal Anda harus berukuran tepat untuk mendukung leher Anda dalam posisi netral. Untuk tidur menyamping, hidung Anda harus sejajar denganpusattubuh Anda. Hindari tidur dengan posisi telungkup, karena justru akan melilitkan leher Anda.
13. Bersihkan Tempat Tidur Secara Teratur
Alergi yang dapat menyebabkan bersin-bersin, pilek, ataupun gatal-gatal dapat menyebabkan tidur Anda terganggu, dan hal itu mungkin dikarenakan tempat tidur Anda yang seiring dengan waktu akan dipenuhi dengan debu, kutu dan segala macam penyebab alergi lainnya. Bersihkanlah tempat tidur Anda dalam jangka waktu tertentu secara teratur.
14. Segera Konsultasi ke Dokter
Ketika tingkat keparahan insomnia Anda masih tergolong rendah, maka Anda masih bisa mengatasinya dengan tips-tips tersebut. Tetapi jika selama sebulan insomnia Anda masih saja tidak kunjung sembuh, sudah saatnya untuk memeriksakan diri Anda dan mengetahui apa yang terjadi pada tubuh Anda. Insomnia bisa jadi hanyalah sebuah gejala terhadap suatu penyakit yang lebih serius. Insomnia yang kronik perlu adanya evaluasi dari dokter setempat.
15. Gunakan Obat Tidur Sesuai Resep Dokter
Anda mungkin akan tergoda untuk menggunakan obat tidur ketika rasa kantuk Anda belum juga datang di tengah malam, tapi hati-hatilah dalam menggunakannya. Obat tidur dapat membuat Anda kecanduan dan memiliki efek samping yang mengganggu. Idealnya, obat tidur digunakan dalam jangka waktu yang pendek, bukan untuk menjadi gaya hidup sehari-hari.

10 MAKANAN YANG MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang merangsang kekebalan, yang mempromosikan aktivitas sel darah putih untuk menghancurkan virus demam dan flu. Bawang putih juga merangsang sel-sel kekebalan lainnya, yang melawan virus, jamur, dan bakteri. Bawang putih membunuh dengan efektivitas hampir 100 persen rhinovirus manusia, yang menyebabkan pilek, flu biasa, dan virus pernapasan.
Anda dapat memasaknya, kemudian taburkan di atas makanan,jatuhkan ke dalam sup atau menelan potongan-potongan bawang putih dengan air seperti pil. Anda juga dapat menjatuhkan satu siung bawang putih ke dalam madu dan menelannya segera.
2. Bawang

Bawang seperti bawang putih, selain mengandung allicin, juga mengandung quercetin, nutrisi yang memecah lendir di kepala dan dada sementara meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, kepedasan bawang meningkatkan sirkulasi darah Anda dan membuat Anda berkeringat, yang membantu selama cuaca dingin untuk membantu mencegah infeksi. Mengkonsumsi bawang mentah dalam beberapa jam dari gejala pertama dari pilek atau flu menghasilkan efek kekebalan yang kuat.
Memotong bawang ke dalam sup favorit Anda atau masakan lainnya adalah cara yang bagus untuk menikmati mereka. Juga, mungkin terdengar sedikit aneh, tapi menempatkan setengah bawang di kamar tidur Anda saat Anda tidur dapat membantu menyerap beberapa bakteri yang beredar dan berpotensi mengurangi gejala flu Anda. Jadi bukan untuk mengusir tuyul atau vampire, seperti di film-film horor ^_^
3. Jahe

Jahe mengurangi demam, menenangkan sakit tenggorokan, mendorong untuk mengeluarkan lendir dari dada. Bahan kimia anti-inflamasi seperti shagaol dan gingerol memberikan jahe tendangan pedas yang merangsang sirkulasi darah dan membuka sinus Anda. Peningkatan sirkulasi berarti lebih banyak oksigen yang sampai ke jaringan Anda untuk membantu menghilangkan racun dan virus.
Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mencegah dan mengobati flu. Jahe juga sangat membantu untuk sakit perut, mual, dan sakit kepala.
Jika Anda merasa agak sakit-sakitan, teh jahe buatan sendiri adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda minum. Iris beberapa jahe segar, tempatkan ke dalam panci dengan air, dan didihkan. Kemudian tambah sedikit jus lemon atau cayenne, yang membuat teh anda jauh lebih efektif dan memurnikan sistem anda.
4. Cayenne

Cayenne adalah Cayenne adalah jenis buah seperti cabai yang mengandung capsicum – sumber yang kaya vitamin C dan bioflavonoid, yang membantu sistem kekebalan tubuh dalam memerangi pilek dan flu. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan produksi sel darah putih, yang membersihkan sel-sel dan jaringan dari racun.
Cayenne juga penuh beta karoten dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu membangun jaringan membran mukosa sehat yang membela terhadap virus dan bakteri. Cabai cayenne pedas meningkatkan suhu tubuh Anda untuk membuat Anda berkeringat, meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh Anda.
Ketika Anda sakit, tambahkan bubuk cayenne organik yang ada dengan air hangat dan jus lemon untuk meningkatkan kekebalan yang intens.
5. Squash (Labu)

Squash atau labu merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan karoten. Enam karotenoid (dari 600 jenis yang ditemukan di alam) yang paling sering ditemukan dalam jaringan tubuh manusia – dipasok oleh squash dan jenis labu lainnya – mengurangi risiko berbagai jenis kanker, melindungi mata dan kulit dari efek sinar ultraviolet, dan membela terhadap penyakit jantung.
Salah satunya, alpha-karoten, membantu memperlambat proses penuaan. Butternut squash (gambar) adalah sumber terkuat nutrisi ini, tetapi Anda juga dapat mencoba acorn, Hubbard, delicata, calabaza, dan labu spaghetti.
6. Kale

Seperti sayuran hijau lainnya, kale menawarkan dosis yang baik dari vitamin E. antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh ini dikenal meningkatkan produksi sel-sel B, sel-sel darah putih yang membunuh bakteri yang tidak diinginkan. Dimakan mentah dalam salad, atau ditumis, semuanya akan memberikan anda manfaat yang luarbiasa.
7. Citrus 

Menambahkan sedikit jeruk untuk diet Anda dapat mencegah dan menangkis demam dan flu. Dikemas dengan vitamin C, jeruk dan grapefruits membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari para penyerbu jahat.
Cara terbaik untuk menikmati buah jeruk adalah memakannya secara keseluruhan. Jika tidak, Anda dapat membuat jus segar sendiri.
8. Teh Hijau

Teh hijau merupakan sumber potensial dari antioksidan yang disebut polifenol – terutama katekin. Beberapa studi telah menemukan bahwa katekin dapat menghancurkan virus influenza dan virus flu biasa.
Menghirup secangkir teh hijau ketika Anda merasa kurang sehat, benar-benar dapat membantu Anda menjadi hidup lagi. Cobalah menambahkan madu atau lemon agar nambah nendang.
9. Sup Miso

Sup Miso adalah versi nabati dari sup chicken noodle​​. Ia memiliki sifat penyembuhan yang baik dan mendorong imunitas secara luarbiasa. Sebagai makanan hidup, miso sarat dengan enzim dan bakteri yang sehat yang membantu melawan infeksi dan menjaga sel-sel Anda berkembang.
Yang Anda butuhkan adalah satu sendok teh pasta miso diaduk ke dalam cangkir atau mangkuk berisi air hangat. Minum sup ini, terutama pada tanda pertama dari pilek atau ketika Anda sedikit merasa tidak nyaman di bagian perut, sakit kepala, atau sesuatu seperti itu. Sup ini pasti nendang dan membuat Anda kembali merasa sehat.
10. Jamur

Selama berabad-abad, orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi jamur untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Peneliti kontemporer sekarang tahu mengapa. Studi menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih, membuat mereka lebih agresif. Ini adalah hal yang baik bila Anda memiliki infeksi.
Jamur-jamur seperti Shiitake, maitake, chaga, dan reishi adalah jamur yang mendorong kekebalan tubuh terbesar. Para ahli merekomendasikan makan seperempat ons hingga satu ons beberapa kali sehari untuk manfaat kekebalan tubuh yang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar